- MANAJEMEN -
- PENGERTIAN .
Manajemen pada hakikatnya ialah sebuah proses .
Proses apakah itu ??
Sebuah Proses yang di lakukan guna mencapai sebuah tujuan yang memuaskan tentunya dengan aktivitas-aktivitas manajemen yang baik dan pengawasan yang baik juga.
Manajemen menurut beberapa ahli :
1.Dr . SP . SIAGIAN ( Dalam buku yang berjudul "Falsafat Administrasi ) yaitu Kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh suatu hasil melalui orang lain .
2.Prof . Dr . H . ARIFIN ABDULRACMAN (Dalam buku yang berjudul " Kerangka Pokok-Pokok Administrasi ) yaitu Kegiatan-kegiatan , Proses ( Kegiatan dalam rentetan urutan ), Institut ( Orang-orang yang melakukan kegiatan ) .
3.MARRY PARKER FOLLET yakni manajemen sebagai seni dalam mengerjakan pekerjaan melalui orang lain.
* Sebagaimana gambar di atas menjelaskan beberapa komponen sebuah manajemen yang terhubung oleh garis (line) yang di mana masing-masing komponen mempunyai sebuah fungsi yang berbeda-beda guna mencapai satu tujuan organisasi.
- FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN menurut para Ahli :
1. George R. Terry.
Perencanaan (Planning);
Pengorganisir (Organizing);
Penggerakan (Actuating);
Pengawasan (Controlling).
2. Henry Fayol
Perencanaan (Planning);
Pengorganisir (Organizing);
Memerintah (Commanding);
Mengkoordinir (Coordinating);
Mengawasi (Controlling).
3.Koontz dan O.donnel .
Perencanaan (Planning);
Mengorganisir (Organizing);
Melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing);
Mengarahkan (Directing);
Mengawasi (Controlling).
Melengkapkan Tenaga Kerja (Staffing);
Mengarahkan (Directing);
Mengawasi (Controlling).
- TINGKATAN MANAJEMEN :
* Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi tingkatan manajer menjadi 3 tingkatan :
1.Manajer lini garispertama (first line) adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatuorganisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidak membawahi manajer lain .
2.Manajer menengah (Middle Manager) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapatingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkankegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan operasional.
3.Manajer Puncak (Top Manager) terdiri dari kelompok yang relative kecil, manager puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi
_- TERIMAKASIH -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar